Berkumpul Bersama dalam Frame Branding dan Promosi

0
215
Etalase Kopi Jambi
Branding dan Promosi

EtalaseKopiJambi.

Kelompok Usaha Perhutanan Sosial (KUPS) yang telah memperoleh hak kelola kawasan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta ijin usaha dari pemerintah daerah tidak dengan sendirinya mampu mengelola potensi sumberdaya alam (hasil hutan kayu, hasil hutan bukan kayu, jasa lingkungan dan ekowisata) menjadi usaha yang mempunyai nilai tambah untuk meningkatkan kesejahteraan KUPS dan masyarakat di sekitarnya.

Agar KUPS memperoleh manfaat yang optimal dari pemanfaatan kawasan hutan baik berupa pemanfaatan hasil hutan kayu dan bukan kayu dengan skema agroforestry, silvopasture, silvofishery dan pemanfaatan jasa lingkungan baik untuk ekowisata atau pemanfaatan jasa lingkungan air dan karbon maka usaha peningkatan kewirausahaan KUPS sangat penting untuk terus terdampingi disamping kegiatan peningkatan kelembagaan dan peningkatan nilai tambah dan nilai produksi hasil hutan dan jasa lingkungannya. Kewirausahaan adalah usaha kreatif yang dilakukan berdasarkan inovasi untuk menghasilkan sesuatu yang baru, memiliki nilai tambah, memberikan manfaat, menciptakan lapangan kerja, dan hasilnya berguna bagi lingkungan dan sosial masyarakat.

 

Berkumpul Bersama dalam Frame Branding dan Promosi Bersama
Berkumpul Bersama dalam Frame Branding dan Promosi 

Pendampingan yang dimaksud diantaranya adalah pasca pelatihan-pelatihan penguatan SDM yang dilakukan dan salah satunya adalah pelatihan kewirausahaan untuk melatih peserta kelompok usaha perhutanan sosial (KUPS) khususnya dalam tahapan branding dan teknik promosi agar memiliki kompetensi kewirausahaan dan bisnis. Selain itu, melatih KUPS agar mampu mendirikan usaha yang layak dengan memanfaatkan potensi areal Perhutanan Sosial yang ada di daerahnya serta mengembangkan SDM yang mampu menciptakan kesempatan kerja bagi dirinya dan lingkungan sekitarnya serta terbangunnya motivasi yang dapat meningkatkan semangat kewirausahaan KUPS. Termasuk dalam meningkatkan kemampuan untuk menciptakan dan menemukan peluang pasar produk-produk KUPS melalui serangkaian aktifitas promosi yang selanjutnya dapat tersosialisasikan dan teridentifikasi ke jaringan pemasaran komoditas hasil hutan dan jasa lingkungan KUPS sekaligus terbangunnya kemitraan usaha KUPS dengan dunia usaha, dan meningkatkan pengetahuan KUPS dalam mengelola usaha.

Dan pada kesempatan kali ini keterlibatan CV. BudaKaduB Jambi, sebuah perusahaan berbasis dan berlatar belakang komunitas yang consent dalam program-program mendorong dan terciptanya wirausaha-wirausaha berkarakter dan wadah promosi serta integrasi di dalam berbagai komunitas sekaligus sebagai wadah #JendelaBersamaLintasKomunitas diberikan kepercayaan oleh panitia pelaksana agar dapat sharing dan belajar bersama KUPS untuk proses branding dan promosi produk dengan tema Kewirausahaan.

Dalam Pelatihan Kewirausahaan ini, KUPS dan PPSKL yang menjadi peserta memperoleh penambahan kapasitas mengenai pengaruh perilaku konsumen terhadap desain kemasan dan promosi, pengetahuan mengenai pentingnya merk (brand), teknik pengenalan merk (branding) dan pemasaran produk secara digital (digital marketing). Dalam pelatihan, peserta dari KUPS dan PPSKL di dorong secara aktif untuk menciptakan merk yang sesuai dengan filosofi dan karakter, dan potensi yang mendasari lahirnya produk atau usaha yang dibuat.

Proaktif peserta dalam setiap proses tahapan teori dan praktek.
Proaktif peserta dalam setiap proses tahapan teori dan praktek.

Peserta secara mandiri didorong untuk pro-aktif memikirkan dan mendesain merk dan media promosi berupa brosur, leaflet dan label dari produk dan usahanya dengan didampingi oleh pemateri. Setelah itu masing-masing peserta mempresentasikan merk dan media promosi tersebut didepan peserta lainnya yang kemudian ditanggapi oleh pemateri dan peserta lainnya. Hasil evaluasi dan pemateri dan peserta kemudian menjadi bahan untuk revisi. Dengan metode ini diharapkan seluruh peserta dapat membuat merk yang tepat berdasarkan keunikan produk atau usahanya masing-masing, kemudian memilih dan membuat media promosi yang tepat dan sesuai agar mudah menjangkau pasar yang tepat.

Dalam pemaparan evaluasi dan rencana tindak lanjut dari BPSKL selaku penyelenggara, kegiatan Pelatihan ini mampu mencapai 90% tingkat kehadiran dan kedisiplinan peserta, serta mampu mencapai 80% tingkat keaktifan peserta. BPSKL Wilayah Sumatera menyampaikan bahwa tindak lanjut dari kegiatan ini 20 peserta terbaik dari kegiatan ini akan mengikuti pelatihan e-commerce serta akan dibuat media pemasaran bersama untuk memasarkan produk barang dan jasa dari KUPS yang bernaung dibawah BPSKL Wilayah Sumatera.

Diakhir pelatihan dan dari proaktif seluruh peserta serta dorongan komponen yang terlibat, setidaknya 26 draft brand/logo dihasilkan dari sentuhan2 langsung para peserta yang tergabung dalam KUPS masing-masing. Pengembangan dari proses menciptakan brand/logo tersebut juga menginisiasi peserta dalam menorehkan pemikiran dan perancangan dalam draft design untuk kebutuhan leaflet, brosur, poster dan materi promosi digital. Selanjutnya brand/logo yang telah fix, nantinya akan diarahkan untuk disahkan/dipatenkan ke lembaga negara sesuai aturan yang berlaku.

Untuk diketahui bahwasanya pelatihan ini dilaksanakan dalam rangka menjalankan Proyek Forest Programme II, Badan Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan (BPSKL) Wilayah Sumatera mengadakan Pelatihan Kewirausahaan untuk Kelompok Usaha Perhutanan Sosial (KUPS) dan Pendamping Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan (PPSKL) di lokasi 1 dan 2 Forest Programme II Provinsi Jambi. Kegiatan ini dilaksanakan di Kota Jambi pada tanggal 12-15 Agustus 2021.

Kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh Forest Programme II mencakup upaya konservasi keanekaragaman hayati dan rehabilitasi daerah aliran sungai untuk mengurangi tekanan pada Taman Nasional dan meningkatkan mata pencaharian masyarakat, termasuk pengembangan kegiatan perhutanan sosial. Perhutanan Sosial (hutsos) merupakan salah satu bagian dari 3 (tiga) pilar kebijakan pemerataan ekonomi yaitu untuk mengurangi ketimpangan penguasaan lahan, kemiskinan, dan pengangguran.

Nah apa produk dari masing-masing KUPS yang tersebar di beberapa kabupaten Provinsi Jambi tersebut ? dan apa yang menjadi karakter dan Branding dari masing-masing produknya ?

Tunggu informasi selanjutnya ya.

(NA – Komunikasi – BudaKaduB Jambi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here