Forum Film Jambi ‘Menggembala Ide Menjadi Karya” dalam Camping Film 2020.

0
558

EtalaseKopiJambi, 2020 bisa dikatakan tahun penuh tantangan bagi siapapun tak terkecuali oleh para penggiat Industri Kreatif dan Komunitas yang berada di Provinsi Jambi. Akan tetapi dengan semangat berkomunitas yang memberikan warna dalam perjalanan para sineas dan insan film, tidak menyurutkan Forum Film Jambi (FFJ) untuk terus berkarya dan berbagi kepada “rakyat” film di dalam maupun luar Provinsi Jambi.

camping forum film jambi 2020
camping forum film jambi 2020

Dengan dipenuhi oleh dinamika kesibukan para anggotanya, alhamdulillah hari ini 21 Desember 2020, Camping Film yang merupakan salahsatu program Divisi Edukasi FFJ dimulai sampai dengan 24 Desember 2020. Tidak kurang dari 30 orang peserta yang merupakan perwakilan dari pelajar/mahasiswa/komunitas audio visual dari berbagai daerah di pulau sumatera berkumpul bersama di Lubuk Penyengat Desa Baru Kab. Muaro Jambi untuk belajar sekaligus produksi film bersama. Dipilihnya lokasi ini adalah untuk mengangkat salah satu budaya melayu Jambi, yaitu “betandang” dengan tema ‘menggembala ide menjadi karya”.
Semangat panitia pesertapun semakin bertambah karena saat pembukaan Camping Film 2020 yang merupakan kali kedua dilaksanakan oleh FFJ, selain beberapa mitra dan komunitas juga dihadiri oleh Perwakilan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten diantaranya Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi Rocky Candra, Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi Dr. Sri Purnama Syam, SST. M.Sn dan Staf Ahli Bupati Ma. Jambi Indra Gunawan.

Camping Film 2020, Lubuk Penyengat - Kab. Muaro Jambi.
Camping Film 2020, Lubuk Penyengat – Kab. Muaro Jambi.


Bahkan saat membuka resmi Camping Film 2020 Bupati Muaro Jambi yang diwakilkan oleh Staff Ahli Bupati Muaro Jambi Pak Indra Gunawan. menyampaikan “apresiasi mendalam dan sangat mensupport kegiatan ini hingga dipilihnya Muaro Jambi sebagai lokasi kegiatan dan saya berharap kegiatan ini bisa mengangkat budaya dan wisata di Muara Jambi dan daerah Candi Muaro Jambi. Karena Candi Muara Jambi merupakan salah satu destinasi wisata No1 di Provinsi Jambi, dengan kegiatan ini, kita bisa bersama sama mewujudkan pengembangan wisata dan budaya ke tingkat nasional”

Sedangkan Wakil Ketua DPRD Prov. Jambi Bang Rocky Candra dalam sambutannya menyampikan akan slalu mendukung setiap aktivitas Forum Film Jambi kedepannya, salahsatunya InshaALLAH tahun depan (2021) kita sudah menganggarkan ke dalam Pokir kegiatan FFJ. Harapan nya dengan support Pokir ini, kita bisa mengangkat semua wisata dan budaya Jambi melalui audio visual.

Camping Film 2020, Lubuk Penyengat - Kab. Muaro Jambi.
Camping Film 2020, Lubuk Penyengat – Kab. Muaro Jambi.

Ditambahkan oleh Kadis Kebudayaan dan Pariwisata , Ibu Ema menyampaikan “Penting memegang komitmen ke depannya, karena film ini akan bisa dan ada manfaat nya untuk angkat budaya dan wisata. Semangat ke gotongroyongan FFJ harus tetap di jaga. Dan berharap FFJ salah satu komunitas yang di bantu oleh Pokir dan ini ke depan nya bisa berkontribusi dan bersuara lagi sampai luar provinsi. “Kami akan mensupport semampu kami, apalagi ini merupakan tahun ke-2, dan Yang harus tetap di jaga protokol Covid 19 selama kegiatan berlangsung”.
FFJ sendiri mempunyai harapan besar tumbuhnya para sineas2 profesional khususnya dari komunitas guna dapat terus berkarya dan membuktikan keberadaan potensi-potensi Jambi mulai dari Sumber Daya Manusia (SDM) nya, Alam dan bahkan Kearifan lokalnya.

Sebagaimana diketahui tidak kurang dari 7 (tujuh) tahun FFJ terus melakukan berbagai aktivitas dari 4 program utama yang selalu diusung, yakni Edukasi, Kajian, Penciptaan/Pengkayaan dan Apresiasi. Serta terus berkoordinasi kepada semua pihak dan komunitas lain dalam setiap aktivitasnya.

Selamat ber CAMPING FILM 21-24 Desember 2020, sukses slalu Industri Kreatif dan teruslah berkarya Forum Film Jambi untuk negeri Sepucuk Jambi Sembilan Lurah.

Jangan lupa Ngopi dan Kopinya tetap Kopi Jambi ya….

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here