JAMBI, DUTA KOPI [nya] INDONESIA 2020

0
680

EtalaseKopiJambi, Lagi, melalui kopinya, Jambi meraih prestasi “puncak” teratas, kali ini melalui ajang Duta Kopi Indonesia 2020 yang merupakan kali ke lima diselenggarakan secara Nasional. Adalah Exsos Grend Deis dan Marta Sari menjadi pewakilan dari Provinsi Jambi yang berhasil meraih Juara 3 untuk Putra (Encos) dan Juara 1 untuk Putri (Marta)

DUTA KOPI
DUTA KOPI INDONESIA

Tentunya hal tersebut tidak semerta diraih oleh mereka, ada beberapa tahapan yang harus dilaluinya. Walaupun tahun ini diselenggarakan dengan metode Virtual mulai dari pendaftaran, penyisihan sampai dengan Final (Rabu, 4 November 2020), akan tetapi tidak mengurangi kualitas penjurian dari tahun-tahun sebelumnya. Hal ini terlihat dari “tekanan” yang terlihat dan dirasakan oleh Encos dan Marta (sapaan akrab sang Juara) diselah mengunjungi workshop Etalase sebelum semifinal dan final ajang yang dilaksanakan setiap tahun sejak 2016 tersebut.

Duta Kopi Indonesia
Duta Kopi Indonesia

“Duta Kopi Indonesia bukan hanya sekedar mencari penampilan fisik apalagi sekedar “lenggak lenggok” belaka. Akan tetapi ada kekuatan dari Kopi beserta potensi turunannya yang ada di masing-masing pesertanya” salahsatu poin yang tersampaikan saat berkesempatan bertemu Owner dan Tim Etalase untuk sharing dan berbagi informasi terkait berbagai jenis Kopi (Arabika, Robusta dan Liberika + Exselsa). Sebagaimana diketahui bahwa semua jenis Kopi tersebut secara keseluruhan dalam satu landscape wilayah hanya berada di Provinsi Jambi dan masing-masing tersebar nyaris diseluruh Indonesia.

Selain di Etalase, keuletan Encos dan Marta juga menghamtarkan mereka untuk terus menggali, mendalami dan memperkuat dari aktivitas yang dilakukan di petani (kebun), processor (pascapanen), roasting (shangrai/gongseng) barista (penyeduh) dan bahkan ke lintas hobby dan profesi.
Salahsatunya bersama Dewan Kopi Indonesia (DEKOPI) Provinsi Jambi dan pihak terkait lainnya.

Yang akhirnya kombinasi dari seluruh proses yang mereka lalui terjawab dengan terpilihnya mereka menjadi Duta Kopi Indonesia 2020.
Yaaaaa hal tersebut bukanlah akhir, tapi awal tantangan sebenarnya yakni dari Jambi membawa nama sebagai Kopi Indonesia…Kopi Nusantara.

Selamat untuk Encos dan Marta serta selalu Semangat untuk Ardi yang juga perwakilan Provinsi Jambi sampai dengan semifinal pada ajang Duta Kopi Indonesia 2020.

Terus menjadi Duta untuk Jambi dan membuktikan keluar sana bahwasanya Jambi memang ADO dan LAYAK.

#JambiMuaraKopiSemesta

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here