EtalaseKopiJambi, Merangin – Lomba Lintas Wisata Alam Geopark Merangin dan Kemah Penyair Asia Tenggara tingkat nasional akan digelar bulan Juni 2019 Mendatang. Kegiatan ini adalah ajang lomba penggiat alam dalam upaya Penegasan Geopark Merangin sebagai warisan dunia. Acara akan berlansung sekitar 3 hari 3 malam di sepanjang kawasan geopark merangin. Acara titik awal akan di laksanakan di desa bedeng Rejo Kec. Bangko Barat sampai titik akhir di kawasan geopark Desa air batu kec. Renah pembarap,” ujarnya Deno Charles.

Survey LLWAGM-KPAT, Merangin
Survey LLWAGM-KPAT, Merangin

Diketauhi kegiatan LLWAGM-KPAT ini Merupakan kegiatan olahraga treking, nantinya peserta akan berjalan kaki sepanjang jalur geopark merangin yang akan di suguhkan sebanyak 7 air terjun, sport wisata geopark dan melalui halang rintangan, kuis kuis yang telah di sediakan. Bahkan peserta nantinya akan menyeberangi sungai merangin dengan mengunakan perahu karet di lokasi arung jeram geopark yang mana jalur arung jeram di Merangin sudah tingkat nasional.

Survey LLWAGM-KPAT, Merangin
Survey LLWAGM-KPAT, Merangin

Selama kegiatan pastinya penitia sudah memperhitungkan seluruh kegiatan baik dari segi septi prosedur, dari sepanjang jalur nantinya akan terdapat 20  pos panitia guna memberi kenyamanan kepada peserta,” tambahnya. Setelah melewati seluruh jalur tiba la peserta di lokasi titik akhir kegiatan. Lokasi kemah penyair Asia Tenggara, di situ nantinya akan di laksanakan lounching buku oleh penyair Asia Tenggara dan penampilan penampilan menarik lainnya. Salah satunya nanti di akhirat acara juga ada penampilan lukah gilo.

Lokasi kemah penyair Asia Tenggara
Lokasi kemah penyair Asia Tenggara

Ketua umum mapala mata angin stkip ypm Bangko M.akel putra mengatakan bawasannya kegiatan loba lintas sudah yang kedua kalinya kita laksanakan pertama Tahun 2009 Tingkat SMA se Jambi . Dan kali ini untuk kegiatan LLWAGM-KPAT ini kegiatan kita paduka dengan Kemah Penyair Asia Tenggara. Nantinya peserta lomba lintas siap kita bekap dari mata angin tentunya selesai kegaiatan. Seperti Pendakian gunung Masurai. Dan wisata lainya seperti telaga biru, graow sakti. Danau Pauh. Danau Depati Empat,” tambahnya akel. Kita berharap kegiatan ini berjalan lancar nantinya, dan tentunya menarik para  wisatawan asing maupun wisatawan lokal untuk berkunjung ke Merangin di saat liburan.

Salahsatu sudut yang akan dilalui oleh  LLWAGM-KPAT, Merangin
Salahsatu sudut yang akan dilalui oleh LLWAGM-KPAT, Merangin

Dalam untuk menyukseskan acara LLWAGM-KPAT ini kita berkolaborasi dengan para seniman Merangin dan kawan-kawan tim profesional arung jeram desa air batu di pandu lansung oleh abang kita samsul Huda salah satu guide nasional. Sementara itu Ketum dewan kesenian merangin AsroAl Murthawy mengatakan dalam kegiatan temu penyair kita akan membuat dan melounching penerbitan buku puisi geopark Merangin
Dalam rangka Kemah Penyair Asia Tenggara 2019 GEOPARK Merangin,  Mapala MATAANGIN dan Dewan Kesenian Merangin Jambi mengundang para penyair se Asia Tenggara untuk mengirimkan puisi bertema geopark Merangin. Puisi dikirim ke almurthawy@gmail.com disertai biodata dan foto.
Tim Kurator dari Dewan Kesenian  dan sastraean ASEAN akan memilih 50 penyair yang akan diundang mengikuti Kemah Penyair Geopark Merangin Juni 2019. Peluncuran buku diadakan saat pelaksanaan Lomba Lintas Wisata Alam dan Kemah Penyair Geopark Merangin 2019.
(Panitia LLWAGM-KPAT)