Roasting Bukan Sekedar Menyangray

0
1032

EtalaseKopiJambi, Proses roasting tidak mudah. Bahkan bagi mereka yang memahami seluk beluk kopi, kegagalan bukanlah sesuatu yang tidak biasa. Kesalahan berulang kali dilakukan hingga akhirnya profil roasting sempurna dengan konsisten ditemukan.
Berikut adalah kesalahan umum yang terjadi saat memanggang biji kopi:

Kopi
Kopi

1.Sangat ringan (Very Light)
Disebabkan oleh suhu yang terlalu rendah. Warna biji kopi sangat ringan, keras dan kurang berkembang. Rasa dalam cangkir itu adalah herbal, rasa kayu, aroma tinggi dan keasaman tetapi tidak complex.

2. Kopi Panggang (Baked Coffee)
Terjadi karena kopi dipanggang terlalu lama dengan suhu di bawah 175 ° C tanpa mencapai first crack. Hasilnya adalah kopi yang rasanya sedikit manis dengan keasaman rendah.

3. Menggores (Scorching)
Disebabkan oleh suhu yang terlalu tinggi dan kecepatan drum tidak cukup cepat. Mudah dikenali. Panggang yang tidak rata akan memiliki bintik-bintik gelap dan garis-garis. Rasa dalam cangkir akan berasap dan berminyak.

4. Memberi tip (Tipping)
Ini mirip dengan hangus, Disebabkan oleh suhu yang terlalu tinggi. Biasanya terjadi selama fase second crack (retak kedua). Biji kopi terlihat seperti memiliki bekas terbakar di ujung biji.

5. Terlalu Gelap (Too Dark)
Penampilan fisik sangat rapuh, warna hitam mengkilap, aroma berasap, keasaman rendah dan rasa terbakar.

Mendapatkan profil roasting terbaik membutuhkan banyak latihan. Pengetahuan dan pengalaman. Roaster harus memiliki 3 hal terpenting: Gairah, Dedikasi, dan Presisi. Mengetahui cacat umum saat memanggang adalah poin penting untuk mendapatkan profil pemanggangan yang sempurna.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here