EtalaseKopiJambi, Gelaran salahsatu ajang kompetisi menyeduh kopi dalam rangkaian Festival Kopi yang bertajuk Liberika Tungkal V60 Fun Battle – Tungkal Breewing Championship (TBC) 2019 dimana peserta melakukan seduhan dengan metode V60 dan diwajibkan menggunakan bahan Kopi Liberika yang telah disiapkan oleh Panitia berlangsung meriah dan penuh keceriaan. Nyaris tidak terlihat aura Kompetisi pada setiap rangkaian babak yang dilakukan. Hal ini juga dirasakan oleh para Juri yang memberikan penilaian disaat seluruh kopi yang diseduh disajikan untuk dilakukan votting dari 3 cup kopi dari peserta yang melakukan Battle. Pada kesempatan 0741Coffee (Komunitas Kopi Jambi) sinergis untuk membantu dalam jalankan battle, baik sebagai Juri Utama dan Technical Judge yang juga oleh Penggiat dan Komunitas di Tanjab Barat.

Liberika Tungkal V60 Fun Battle - Tungkal Breewing Championship (TBC) 2019
Liberika Tungkal V60 Fun Battle – Tungkal Breewing Championship (TBC) 2019

Semangat panitia dan peserta telah tampak dari malam sebelumnya, mulai dari Technical Meerting (TM), pencabutan Nomor Undian pada tanggal 1 Agustus,  memasuki babak penyisihan hingga babak Semifinal dan Final yang berlangsung pada malam hari (2 Agustus). Yang sebelumnya seluruh peserta dibekali Roastbean Liberika untuk peserta mempersiapkan hingga tiba gilirannya untuk Battle yang dimulai Jelang menjelang siang.

Semarak dan motivasi untuk para Panitia dan Peserta seolah semakin luar biasa, disaat setelah waktu istirahat dan memasuki babak semifinal dan final pada malam hari nya (2 Agustus 2019),  ditengah perhelatan tersebut hadir orang nomor 1 di Kabupaten TanjabBarat yang tidak lain1 adalah Bupati Tanjab Barat, Bpk. Dr.Ir.H.Safrial,MS. Dan secara langsung memberikan dukungan akan inisiasi yang dilakukan oleh para komunitas Kopi Liberika Tungkal, TanjabBarat untuk menyiapkan dan terselenggaranya event ini dengan maksimal walaupun tanpa Anggaran Khusus dari Pemerintah Kabupaten TanjabBarat, akan tetapi dengan Sinergis bersama para pihak kegiatan ini dapat sukses terlaksana sebagai event pertama di Bumi Serengkuh Dayung Serentak Ketujuan. Besar harapan semua pihak, kegiatan ini menjadi Agenda Tahunan di Kabupaten TanjabBarat dan Liberika sebagai salahsatu Kopi Jambi sekaligus ajang silahturahim garda depan dalam mempromosikan potensi daerah. Sebagaimana diketahui bahwa Kopi akan selalu ada disetiap lini masyarakat secara umum.

Siapapun.. Menyatu Karena Kopi.
Siapapun.. Menyatu Karena Kopi.

Dan setelah melewati beberapa babak, didapat para peserta yang menjadi 3 terbaik dalam event Liberika Tungkal V60 Fun Battle – Tungkal Breewing Championship (TBC) 2019, yakni :

      Terbaik 1 Ahmad Al Kurni dari Nia Otonia Cafe

      Terbaik 2 KOLILURAHMAN dari MPIG Kopi Liberika Tungkal Jambi

      Terbaik 3 Fadhil Muhammad dari Omah Kopi

Walaupun demikian, pada kesempatan kali ini semua yang terlibat dalam event ini secara langsung dan tidak langsung sepakat bahwa semuanya adalah yang TERBAIK.

Sinergis untuk Liberika - Kopi Jambi.
Sinergis untuk Liberika – Kopi Jambi.

 

Selanjutnya selain mendapatkan Uang Pembinaan, 3 peserta terbaik mendapatkan tiket untuk mengikuti V60 Battle dalam Jambi Breewers Cup yang merupakan salahsatu event tahunan 0741Coffee (Komunitas Kopi Jambi) dan akan dilaskanakan pada rangkaian Perayaan Hari Kopi Internasional 2019 dimana Provinsi Jambi menjadi tuan rumah gelaran event berskala Internasional tersebut.

Sinergis untuk Liberika - Kopi Jambi.
Sinergis untuk Liberika – Kopi Jambi.

Sebagai informasi selain Liberika Tungkal V60 Fun Battle – Tungkal Breewing Championship (TBC) 2019, Komunitas Kopi bersama Pemerintah Kabupaten Tanjab Barat juga menggelar beberapa konten dalam rangkaian Festival Kopi Liberika  diantaranya Icip2 Liberika, Fun Cupping, Talkshow, FGD, dan Workshop/Pelatihan Barista, Tampilan dari Lintas Komunitas.

Selain Pemerintah Kabupaten Tanjab Barat, event yang dilaksanakan oleh Penggiat dan Komunitas Kopi di TanjabBarat ini juga di support oleh Pemerintah Provinsi Jambi, 0741 Coffee (Komunitas Kopi Jambi), PetroCina dan SKK Migas, Indonesia Event dan seluruh masyarakat TanjabBarat khususnya lintas komunitas.