ETALASE KOPI JAMBI
Kegiatan HKN 2022

Memberikan warna dan pengalaman bersama para pihak telah terlihat mulai dari pembukaan Hari Kopi Nasional (HKN) 2022 sekaligus peringatan 4 tahun Dewan Kopi Indonesia (DEKOPI) yang digelar oleh DEKOPI Perwakilan Provinsi Jambi bekerja bersama Hotel Luminor dan SS Coffee&Biker, yang dimanage BudaKaduB sebagai event organizer pada 9 Maret 2022 lalu di Hotel Luminor Jambi. 

|Simak tentang pembukaan HKN 2022 pada tautan berikut : https://etalasekopijambi.com/hari-kopi-nasional-tahun2022-di-jambi/ |

Dibuka secara resmi oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, Drs, Ariansyah, ME di tanggal 9 Maret 2022 yang didampingi oleh Ir. Agusrizal, MM selaku Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Jambi yang merupakan leading sector Dewan Kopi Indonesia (DEKOPI) Perwakilan Provinsi Jambi yang juga sebagai supporting dalam HKN 2022 ini. Berbagai rangkaian kegiatan dilaksanakan oleh DEKOPI Provinsi Jambi di 2 titik berbeda yakni Hotel Luminor dan SS Coffee&Biker yang dihadiri juga oleh lintas OPD di Pemerintah Provinsi Jambi (DisBudPar, Disperindag, Disnaker), Bank Indonesia KPW Jambi, Lintas OPD Pemerintah Kota Jambi (DisnakerKopUKM, DisParBud), Perwakilan Kab/Kota (Petani, Prosessor, Kedai), Asosiasi dan Komunitas Kopi, Lintas Komunitas dan Ekonomi Kreatif serta Lintas Generasi, NGO terkait Kopi, penggiat hulu hilir kopi (petani, prosessor, roaster, barista, kedai kopi) dan tentu saja masyarakat umum sebagai penikmatnya.

Dengan beberapa rangkaian “The Experience Of Coffee”, DEKOPI Jambi ‘menjahit’ perjalanan periode kepengurusan 2019 – 2023 yang berjalan sampai dengan HKN 2022 ini digelar.

| Intip teaser Hari Kopi Nasional 2022 pada video berikut : https://youtu.be/-Z5g7UjpGmE |

Focus Group Discussion (FGD)

Area resto Hotel Luminor Jambi yang terbuka menjadi lokasi untuk FGD semata untuk memberikan symbol keterbukaan DEKOPI Jambi agar semua pihak dapat melihat secara langsung FGD yang berlangsung. Hal inipin diiringi dengan LiveStreeming bagi para panelis yang terdiri dari hulu sampai dengan hilir dalam perkopian, mulai dari petani, prossessor, roastery, kedai kopi, penikmat, asosiasi, komunitas penggiat kopi di dalam maupun luar Provinsi Jambi dalam memberikan pengalamannya masing-masing dalam kurun waktu 1 dekade (8-10 tahun) terakhir. Selain perwakilan DEKOPI pusat dan Provinsi lainnya di Indonesia, FGD yang berlangsung setiap jam 20.00 – 22.00 selama 3 hari tersebut juga di hadiri oleh Dinas Perkebunan Provinsi Jambi, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jambi, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Jambi, dan lembaga pendamping hulu atau hilir  kopi seperti Yayasan Etalase Ekosistem Indonesia, Warsi, WWF, Yayasan Cappa , Perkumpulan Setara, dan lembaga lainnya.

Focus Group Discussion (FGD) HKN 2022

FGD ini terfokuskan untuk memfinalkan rekomendasi dan rumusan yang telah disusun selama konsolidasi, koordinasi serta kegiatan-kegiatan di 11 kab/kota di Provinsi Jambi dengan tetap mengacu pada tugas dan fungsi serta merupakan rencana strategis program pengurus DEKOPI Perwakilan Provinsi Jambi periode 2019 – 2023. Selanjutnya hasil dari FGD dengan topik Kopi Jambi (Arabika, Robusta, Liberika) pada hari pertama, topik Liberika pada hari kedua dan rencana tindak lanjut (RTL) pada hari ketiga ini rencananya rumusan final tersebut akan dikirimkan ke Kementrian terkait melalui Dewan Kopi Indonesia di pusat sekaligus sebagai referensi dan rekomendasi dalam melaksanakan program-program selanjutnya. Termasuk dalam hal ini akan dikirimkan juga kepada Pemerintah Provinsi Jambi, Pemerintah Kabupaten di 11 kabupaten/kota di Provinsi Jambi, Asosiasi dan Komunitas yang terkoordinasikan bersama DEKOPI Provinsi Jambi serta para pihak terkait.

Live Streaming (Zoom)

Dalam kesempatan ini selain semua pihak ataupun masyarakat hadir secara offline, khususnya di ruang FGD DEKOPI Provinsi Jambi bersama komunitas multimedia dari Tim Kreatif BudaKaduB Jambi juga menyediakan ruang Live Streaming (zoom online) dengan tajuk #semuamatatertuju. Beberapa Penggiat kopi perwakilan komunitas Luar Kota Jambi yang menyempatkan hadir dalam 3 hari FGD dan livestreaming yakni baik tergabung dalam DEKOPI ataupun Asosiasi/komunitas/Penggiat Kopi diantaranya Kab.Kerinci, Kota Sungai Penuh, Kab. Sarolangun, Kab. Batanghari,  Magelang, Banten, PekanBaru, Jawa Tengah, Jakarta, Jogja, Toraja, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Lampung, Jawa Tengah, dll.

ETALASE KOPI JAMBI
Live streamming HKN 2022

Signature Coffee

Dengan dihadiri oleh penggiat hulu sampai dengan hilir dari beberapa kabupaten penghasil kopi (Tebo, Merangin, TanjabBarat, TanjabTimur) lengkap dengan buah kopi (cherry), biji kering sebelum digiling (HS/kulit tanduk) dan biji kering setelah digiling/pulper (greenbean), petani, prosessor, roaster, barista dan produk turunan dari kopi serta kawan kopi. Sharing dan berlajar bersama menjadi hal yang memberikan kesan tersendiri bagi para pengunjung dan di area Coffee Corner dengan konsep perjalanan kopi dari buah cherry, buah HS kering, greenbean, roastbean sampai dengan brewing. Saling interaksi dan sharing bersama tenant dan para undangan tidak terkecuali dilakukan juga bersama tamu-tamu yang kebetulan menginap di Hotel Luminor Jambi.

Aneka seduhan dengan bahan dasar Kopi Jambi (Arabika, Robusta, Liberika) dipresentasikan dengan metode manual brew dan seduhan khas Indonesia seperti tubruk, kopi susu, sanger, v60, frenchpresh, flat bottom, syphon, vetnam drip, dll. Selain itu juga ditampilkan sharing roasting/shangrai dari manual roast (teplon/kendi) sampai dengan modern roast (mesin), dimana irisan dari kedua metode tersebut salahsatunya adalah pengendalian suhu (temperatur), udara (airflow) dan waktu (timer). Hal ini lebih mengenalkan perjalanan metode roasting/shangrai yang menjadi tren sampai dengan hari ini khususnya di Indonesia. Interaksi dan kebersamaan dari seluruh tenan yang hadir dari Tebo, Merangin, TanjabBarat, TanjabTimur dan Kota Jambi membuahkan konten-konten spontan dan kolaborasi yang penuh dengan atmosfer dan kekeluargaan.

Launching Pemilihan Duta Kopi Indonesia – Provinsi Jambi  

Perhelatan pemilihan Duta Kopi Indonesai yang telah digelar 6 kali di Indonesia, membuat para Duta Kopi Indonesia – Provinsi Jambi merasa terpanggil untuk melaksanakan prosesnya dari jauh hari dari sebelum ke Nasional. Mengingat dalam 2 tahun terakhir 2020 dan 2021) saat pemilihan Duta Kopi Indonesia secara Nasional, peserta dari Jambi yang dalam 2 tahun terakhir tersebut dikawal dan “dibimbing” langsung oleh DEKOPI Perwakilan Jambi meraih Juara Nasional dan berhak menyandang “selempang” sebagai Duta Kopi Indonesia.

| simak tentang Duta Kopi Jambi pada tautan Berikut : https://etalasekopijambi.com/jambi-duta-kopi-nya-indonesia-2020/ |

Tahun ini, meskipun perhelatan secara Nasional masih beberapa bulan lagi (oktober 2022), DEKOPI Jambi bersama para Duta Kopi Indonesia di Provinsi Jambi akan mulai mempersiapkan para peneru-penerusnya. Dan pada hari kedua HKN 2022, dilaksanakan Lounching pemilihan Duta Kopi Indonesia 2022. Dengan di lounching tersebut merupakan symbol dibuka nya pendaftaran bagi putra putri Provinsi Jambi untuk bergabung dalam ajang tersebut. Adapun tahapan yang akan rencananya akan dilakukan pasca lounching ini diantaranya :

  • Roadshow 11 Kab/Kota se Provinsi Jambi
  • Kurasi di masing-masing di Kab/Kota
  • Kurasi di Provinsi Jambi
  • Pembengkalan
  • Pengiriman para nominasi ke Nasional
Launching Duta Kopi IndonesiaProvinsi Jambi (Hotel Luminor Jambi Kamis 10/3/2022)

Pada lounching tersebut selain dari para asosiasi/komunitas, juga dihadiri oleh putra/putri dari 24 undangan ke putra/putri/duta di ajang ajang serupa yang pernah digelar di Provinsi Jambi, diantaranya :

  • Duta Batik Provinsi Jambi
  • Putra/Putri Pesona Nusantara – Jambi
  • Putra/Putri Pesona Taruna Nusantara – Jambi
  • Putra/Putri Bumi Indonesia – Jambi
  • Putra/Putri Hutan Indonesia – Jambi
  • Duta Bahasa Provinsi Jambi
  • Duta Pendidikan Indonesia – Jambi
  • Duta Inspirasi Indonesia – Jambi

Launching Pojok Kopi Hotel Luminor Jambi

Peresmian Pojok Kopi Hotel Luminor Jambi oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jambi Bahari SH, M.Si

Sebagai salahsatu program didalam rencana strategis (renstra) Dewan Kopi Indonesia (DEKOPI) Provinsi Jambi untuk mendorong semua lini sebagai tempat informasi perkopian Jambi. Tidak terkecuali Hotel yang merupakan pintu masuk para tamu khususnya luar Provinsi Jambi untuk menginap. Sebagai salahsatu hotel berbintang di Kota Jambi, Hotel  Luminor Jambi mengapresiasi langsung rencana DEKOPI Jambi tersebut dengan membuka kembali Pojokan Kopi nya dan berkomitmen untuk menghadirkan dan berbahan dasar Kopi Jambi (Arabika, Robusta, Liberika) sebagai salashatu menunya.

Hal tersebut seiring dengan Koordinasi dan komunikasi yang terus terjalin bersama Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DPD Provinsi Jambi untuk menghadirkan pojok kopi disetiap Hotel dan restoran di Provinsi Jambi khususnya yang menjadi anggota dari PHRI DPD Jambi untuk menghadirkan atau berbahan dasar Kopi Jambi (Arabika, Robusta, Liberika) sebagai salashatu menunya.

Sukses dengan rangkaian kegiatan di Hotel Luminor dengan konsep EXHIBITION #Ngopibersama sahabat, rangkaian kegiatan dengan konsep PERFORMANCE #Rideforlovecompetition bergeser ke SS Coffee& Biker dengan menghadirkan beberapa kompetisi khususnya untuk lintas komunitas dan lintas generasi.

Latte Art Competition

Para Peserta & Juri Latte Art Competition

Pada hari ke 4 perhalatan HKN 2022 ini, selanjutnya Bar SS Coffee&Biker disulap oleh Tim Kreatif BudaKaduB Jambi menjadi tempat utama para Barista Jambi unjuk kebolehan dalam seni seduhan yang lebih dikenal dengan Latte Art. Berbagai bentuk tampilan dari Latte Art ditampilkan oleh para barista lintas generasi yang bekerja ataupun memiliki usaha Coffee Shop di Jambi hingga membuat juri mengalami kesulitan dalam menentukan tampilan dan seduhan terbaik dari para peserta. Tentunya dengan beberapa metode penilaian lainnya.

Hingga akhirnya juri yang terdiri dari Barista Jambi yang telah mengikuti berbagai ajang dan bekerja ditempat ternama di Jambi tersebut memutuskan 3 orang terbaik dalam Latte Art Competition, yakni :

1. Nurmansyah

2. Yoga Putra

3. Damai Yanto

Fashion Show Competition

Selanjutnya pada hari ke 5 yang merupakan puncak HKN 2022, digelar lomba Fashion Show untuk remaja dan anak-anak. Dengan tema Biker, selain berjalan di catwalk khususnya peserta dari kategori remaja diminta untuk penjelasan singkat terkait Biker dan Kopi sesuai dengan konses tempat pelaksanaa kompetisi ini yakni SS Coffee&Biker.

Sama seperti dengan kompetisi Latte Art sehari sebelumnya, juri pun mengalami kesulitan dalam menentukan peserta terbaik dari 2 kategori (remaja dan junior), ditambah lagi DEKOPI Jambi meminta mencari sepasang terbaik dari peserta untuk secara otomatis (free registrasi) masuk dan akan mengikuti pemilihan Duta Kopi Indonesia Provinsi Jambi yang sebelumnya telah dilounching pada momen HKN 2022. Hingga akhirnya juri memutuskan terbaik dari masing-masing kategori, yakni :

Fashion Remaja

1. Meta

2. Salwa

3. Anggun

Fashion Junior

1. Alifa

2. Soraya

3. Abiyu

Reward FreeRegistrasi Pemilihan Duta Kopi

Putri dan Al Gazali

Jambi Muara Kopi Semesta

Jambi Muara Kopi Semesta

Sebagai niat awal DEKOPI Provinsi Jambi berharap dari rangkaian kegiatan EXHIBITION #ngopibersamasahabat di Hotel Luminor Jambi dalam Hari Kopi Nasional (HKN) 2022 #theexperienceofcoffee di Provinsi Jambi yang dilanjutkan dengan PERFORMANCE #rideforlovecompetition di SS Coffee&Biker menguatkan Jambi sebagai Muara Kopi Semesta dan berperan secara langsung dalam “Mewujudkan Indonesia sebagai surganya para pencinta kopi dunia” sebagaimana tema nasional HKN 2022 dan HUT Dewan Kopi Indonesia (DEKOPI) ke-4. Tentunya bersama Asosiasi/Komunitas yang terkoordinasi didalamnya, termasuk Pemerintah dan Stakeholder lainnya yang hadir dalam offline maupun Live Streaming #semuamatatertuju.

Selanjutnya, DEKOPI Jambi akan mengirimkan hasil ‘jahitan’ dalam bentuk dokumen rumusan kegiatan yang telah dan akan dilaksanakan setengah perjalanan sesuai dengan Rencana Strategis (RenStra) Pengurus DEKOPI Jambi periode 2019 – 2023. Dokumen tersebut akan dikirimkan ke Pemerintah Pusat melalui Dewan Kopi Indonesia, Pemerintah Provinsi Jambi dan Kabupaten/Kota Se Provinsi Jambi, Asosiasi/Komunitas Kopi di Provinsi Jambi yang terkoordinasikan oleh DEKOPI Jambi.

Dan pada kesempatan ini Dewan Kopi Indenesia (DEKOPI) Perwakilan Provinsi Jambi bersama dengan Hotel Luminor dan SS Coffee&Biker serta Tim Kreatif BudaKaduB sebagai Event Organizer mengucapkan terima kasih yang telah mendukung secara langsung dan tidak langsung untuk kesuksesaan rangkaian kegiatan Hari Kopi Nasional 2022 dan HUT 4 tahun Dewan Kopi Indonesia khususnya kepada Pemerintah Provinsi Jambi, Pemerintah Kota Jambi, Yayasan Etalase Ekosistem Indonesia, DPD ASKI Provinsi Jambi, BUN Coffee&Roastery, Green Coffee,  Sejahwat, Soedirman Coffee&Resto, Sudut Angkringan, SoJa Corner, Ber-kesan Weeding Organizer, WWF, KWT Jati Sari Makmur, KWT Betung Jaya, KWT Siguntang Lestari, WARSI, Kopi Serampas, lembaga Tiga Beradik, Cahaya Puncak Merangin, D’Jangkat Sungai Tenang Yayasan Cappa, Kopi Telisak, Virgo Advertising, Pokdawrwis Edelweis, Puan Coffee, Kopi Kuale, Kopi Broyat, 99 Usahaku – Telkomsel, Duta Kopi Indonesia, Gerakan Edukasi Kopi, Lesehan Jempol, 0741 Coffee, Forum Film Jambi, Sanggo Coffee, Kopi Ajib, Peatland Coffee, KAMIBIKIN, Kinclong, Trava, Strada Coffee, Kopita Roastery, Sayyah Roastery, IDN Times Community, SRTV Jambi, etalasekopijambi.com

Sukses untuk Hulu Hilir Kopi Jambi dan para Asosiasi, Komunitas, UMKM, Lintas Komunitas dan Ekonomi Kreatif sebagai #jambimuarakopisemesta.

| JHE EDHIYANTO |